Sapta Krida, Tujuh Langkah ala Priyo jika Terpilih Jadi Ketum Golkar

0
391
Bakal calon Ketua Umum Partai Golkar Priyo Budi Santoso di Jakarta, Kamis (21/4/2016)

JAKARTA, KOMPAS.com – Bakal Calon Ketua Umum Partai Golkar, Priyo Budi Santoso, memiliki tujuh langkah penting jika ia terpilih menjadi ketua umum. Ia menyebutnya dengan Sapta Krida.

Pertama, Priyo ingin membangun kembali jalur ABG, yaitu ABRI (Angkatan Bersenjata RI, kini TNI/Polri), Birokrat, Golkar. Priyo mengatakan bahwa hubungan yang dibangun adalah hubungan kekeluargaan.

“Akan ada purnawirawan yang saya ajak untuk membangun partai. Dari polisi, guru, PNS. Kami agak alpa (lalai) menyentuhnya,” kata Priyo dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (25/4/2016).

Selain membangun jalur ABG, Priyo menambahkan peranan aktivis. Ia menyebutnya dengan ABG plus.

“Aktivis yang pemberontak selama ini alpa di dalam Golkar. Itu yang juga akan kami ajak bersama-sama. Pemimpin LSM, Golkar harus bersama dengan mereka, ICW atau apa pun,” ujar Priyo.

Kedua, pentingnya branding seorang figur di Golkar. Priyo menilai ketua umum harus memiliki nilai positif saat berhubungan dengan masyarakat. Untuk itu, diperlukan nilai kerakyatan.

“Bagaimana mungkin Golkar menunjukan esensi sebagai borjuis. Itu merugikan kami. Kalau terpilih, saya serukan jangan menunjukan gaya hidup mewah,” tutur Priyo.

Ketiga, memberi kesempatan kepada kaum muda. Menurut Priyo, jika partai dipimpin oleh orang muda akan mengurangi risiko bagi partai.

Keempat, membuat kantor partai sebagai pusat komando sekaligus pusat perkumpulan rakyat untuk menyampaikan aspirasi.

Kelima, merebut puncak kepemimpinan di daerah. Priyo menyebut pilkada sebagai batu ujian untuk Golkar.

Keenam, membangun kembali kaderisasi. Hal ini dinilai penting untuk membangun keberlangsungan Golkar.

Ketujuh, kedepankan politik luhur. Priyo menilai Golkar tidak semata mengejar kekuasaan namun juga mengedepankan tata krama.

“Tujuh langkah ini bukan konsep tapi sudah embodied dalam diri saya dengan itu semua,” kata Priyo.

TIDAK ADA KOMENTAR